Tips Mengatasi Sembelit Anak



Bagi para orangtua segala hal yang berhubungan dengan kesehatan akan selalu menjadi prioritas. Karena kesehatan adalah salah satu faktor penting dalam hal mendukung tahap perkembangan anak dan pola tumbuh kembang anak di kemudian hari.

Masalah sembelit konstipasi anak termasuk hal yang umum terjadi pada kebanyakan anak-anak dan bayi. Keumuman ini hendaknya tidak menjadikan kita orang tua jadi tidak waspada akan akibat sembelit bayi ini. Untuk bisa mengetahui akan cara tips atasi sembelit bayi ini kita perlu tahu juga akan pengertian konstipasi itu sendiri.

Sembelit adalah kesusahan dalam kesulitan dalam buang air besar kurang dari tiga kali tiap minggu serta ketika tinja yang keluar keras, kering, dan besar. Tidak jarang pula kesusahan mengeluarkan kotoran dan tinja ini akan tampak pada sang bayi atau pun sang anak sehingga dengan itu kita bisa mengenali akan tanda gejala sembelit anak bayi pula.

Penyebab sembelit sebagian besar disumbangkan oleh karena pola makan yang kurang air (pola konsumsi makanan) dan juga kurang serat. Konstipasi juga bisa disebabkan oleh karena kelainan yang dibawa semenjak lahir serta juga faktor psikologis anak itu sendiri. Kawan-kawan bisa membacanya pula di sini atasi konstipasi anak.

Setelah kita mengetahui akan beberapa penyebab konstipasi ini maka kita beralih bagaimana cara mengatasi sembelit konstipasi ini. Beberapa langkah yang bisa kita lakukan sebagai orang tua dalam hal memberikan pertolongan perawatan pada konstipasi adalah sebagai berikut :
  1. Memberikan anak dengan cairan yang cukup. Cukup dalam artian cukup dan baik buat sang anak ketika mengalami konstipasi. Karena kebutuhan akan cairan pada anak normal dan pada saat konstipasi tentunya berbeda. Minum cukup air dan cairan lainnya membantu tinja bergerak lebih mudah melewati usus. Jumlah cairan yang dibutuhkan anak-anak akan bervariasi menurut berat dan usia. Tetapi kebanyakan anak usia sekolah memerlukan 3 sampai 4 gelas air setiap pagi hari. Jika bayi sembelit selama transisi dari ASI atau susu ke makanan padat, coba berikan beberapa ons buah pepaya setiap hari. Jika sembelit terus berlanjut segera konsultasikan ke dokter ataupun tenaga kesehatan lainnya.
  2. Banyak mengkonsumsi makanan atau pun buah-buahan yang kaya tinggi serat. Contoh makanan dan buah-buahan tinggi serat bisa berupa buah-buahan, sayuran, dan roti gandum dapat membantu mencegah sembelit ini. Dan juga buah apel, oatmeal, jeruk, pisang juga bisa membantu.
  3. Mengajarkan anak troilet training. Kegiatan troilet training akan membantu anak mengenal akan pentingnya buang air besar (BAB) dan juga buang air kecil (BAK) buat kesehatan tubuhnya.
  4. Memberikan jadwal makan secara teratur. Dengan makan secara teratur akan bisa menjadi salah satu cara atasi sembelit berikutnya. Pemberian dan penjadwalan akan waktu makan yang tepat adalah stimulan alami untuk perut, makan teratur dapat membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan buang air besar secara rutin.
Demikian tadi beberapa tips mengatasi sembelit anak bayi dan semoga dengan kita mengenal akan hal ini, kita turut berperan serta dalam menunjang kesehatan anak serta pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita dengan optimal demi kesuksesan di hari kemudian.